Hubungi Kami di Whatsapp Sekarang!

20 September 2018

Tag , NIKON Cara Cek Hasil Kalibrasi Auto Level / Waterpass ||


Pengecekan Auto Level / Waterpass NIKON 

Tag , NIKON Cara Cek Hasil Kalibrasi Auto Level / Waterpass ||

Untuk Mengetahui Alat Auto Level / Waterpass  NIKON  masih akurat atau tidak nya tentu harus ada pengcekan dengan tenaga ahli dalam yang bisa menilai alat ini Bagus atau tidak
Kami PT Alat Ukur Indosurta Melayani jasa Pengecekan Auto Level / Waterpass secara Gratis 

Bagi yang akan menggunakan atau yang mempunyai alat Auto Level / Waterpass NIKON  yang sudah lama tidak terpakai tentunya ada keraguan apakah alat ini masih bisa digunakan atau tidak ,untuk memastikan nya bisa melalui pengecekan di service center kami di seluruh cabang INDOSURTA di indonesia

Jasa Pengecekan Gratis

Tag , NIKON Cara Cek Hasil Kalibrasi Auto Level / Waterpass ||
Untuk Menentukan Bagus tidaknya alat survey ( TOTAL STATION | THEODOLITE | AUTO LEVEL ) akan terbukti setelah hasil Pengecekan Alat Setelah dikalibrsi, alat survey ini wajib dikalibrsi secara berkala, orang bijak tidak akan menggunakan alat survey kalau masa kalibrsinya habis atau kalau sudah tahu bahwa alat tersebut sudah melenceng dari akurasinya.

  Jasa Service Kalibrasi 

Untuk Wilayah Jabodetabek dan Kantor cabang di tiap kota Kami Berikan Antar Jemput Secara Gratis atau datang Langsung Ke alamat Kami yang di bawah ini


·         Branch Office   Jakarta Atau Tangerang 
Jln ;Giliraja Sektor 14,5 Block Q1 No 6  Nusa Loka BSD City Serpong – Tangerang 
TLP /WA di : 082110287745 [ iwan agus ]

·         Branch Office Makassar
Komplk Griya Batas Kota Jalan Asoka Blok. D8  No.10  Makassar Maros Sulawesi Selatan 
                                 
·         Kantor Cabang Balikpapan
Jalan.Diponegoro Perum Kumala Residence No .C8 Gunung Samarinda Balikpapan Utara Balikpapan Kaltim  
      
·         Kantor Cabang  Batam
Jalan Sudirman 2,Komplek Gabana Blok E1 No 1 Batam Center Batam Dekat Bandara Hang Nadim
                           
·         Branch Office Surabaya
Jalan Raya Waru Komplek Griya Permata Gedangan Blok C1 No 22 Sidoarjo Surabaya 
                                                                                                                      
·         Branch Office Palembang
Jln Raya Perumnas Talang Kelapa,Perumahan Sentraland Residence . Jln Palem Kuning No-25 Kel Talang Kelapa Kec Alang-alang Lebar Palembang Sumatera Selatan 
                           
·         Branch Office Medan
Jln Sisinga mangaraja Komplek Taman  Riviera Blok MST no 17  Medan Sumatera Utara           
           
·         Branch Office Manado
Komplek Griya Paniki Indah jln Dahlia Raya III  no5 Manado Sulawesi utara

·         Branch Office  Cikarang
Jl. Puspa X No.30, Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530

    Branch Office Semarang Jawa Tengah
Citra Land BSB Cluser Graha Taman Pelangi BSB Jln Burgundi Blok D9 No,16 Mijen Semarang




Berikut tips untuk melakukan servis dan kalibrasi :


a. Perhatikan dimana anda akan mengkalibrasikan alat anda,


Ini penting, kebanyakan orang tidak sadar bahwa tempat anda mengkalibrasi alat sangat penting, kenapa?.. bahaya kalau alat anda di servis / kalibrasi oleh orang yang tidak kompeten (abal-abal), alih alih alat ingin diperbaiki malah tambah rusak.


Solusi : Pilih tempat servis dan Kalibrasi di tempat yang jelas dan memang peruntukanya, dan bidangnya, anda tentu bisa dong memastikannya dan memilih tempat yang kira kira bagus menurut anda, anda pasti punya trik tersendiri untuk hal ini, Berbicara masalah tempat untuk servis & kalibrasi Alat survey yang banyak direkomendasikan adalah PT. ALAT UKUR INDOSURTA, banyak direkomendasikan oleh perusahaan BUMN dan Swasta ataupaun Perorangan.



b. Sebaiknya anda melakukan Servis & kalibrasi ke tempat yang terdekat dengan Anda,


Sama saja bohong namanya kalau anda mau kalibrasi alat survey karena tempatnya jauh dari tempat anda (sudah berlangganan di tempat tersebut namaun jauh dari tempat anda) lalu anda mengirim dan mengambilnya menggunakan jasa ex...disi atau Ca...go, saran saya sudah ga usah dikalibrasi aja, yang ada malah tambah rusak diperjalanan (kecuali anda hand carry antar jemput sendiri, otomatis biaya lebih membengkak). paham kan maksud saya?..
Kalibrasi Alat Ukur
Pengertian kalibrasi menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain, kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional.
Tujuan kalibrasi adalah untuk mencapai ketertelusuran pengukuran. Hasil pengukuran dapat dikaitkan/ditelusur sampai ke standar yang lebih tinggi/teliti (standar primer nasional dan / internasional), melalui rangkaian perbandingan yang tak terputus. Untuk kalibrasi alat ukur digunakan alat standar kalibrasi yaitu kolimator.

Desktop Kolimator
Manfaat kalibrasi adalah sebagai berikut :
1.     untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki.
2.     Dengan melakukan kalibrasi, bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur.
Prinsip dasar kalibrasi:
1.     Obyek Ukur (Unit Under Test)
2.     Standar Ukur(Alat standar kalibrasi, Prosedur/Metrode standar (Mengacu ke standar kalibrasi internasional atau prosedur yg dikembangkan sendiri oleh laboratorium yg sudah teruji (diverifikasi))
3.     Operator / Teknisi ( Dipersyaratkan operator/teknisi yg mempunyai kemampuan teknis kalibrasi (bersertifikat))
Hasil Kalibrasi antara lain :
1.     Nilai Obyek Ukur
2.     Nilai Koreksi/Penyimpangan
Interval kalibrasi:
1.     Kalibrasi harus dilakukan secara periodik
2.     Selang waktu kalibrasi dipengaruhi oleh jenis alat ukur, frekuensi pemakaian, dan     pemeliharaan.
3.     Bisa dinyatakan dalam beberapa cara :
  • Dengan waktu kalender (6 bulan sekali)
  • Dengan waktu pemakaian (1.000 jam pakai, dst)
  • Kombinasi cara pertama dan kedua, tergantung  mana yg lebih dulu tercapai
Metode kalibrasi :
Secara umum kalibrasi alat ukur dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali, metode kalibrasinya di jelaskan sebagai berikut :
Kalibrasi Sentering optik
Yang dimaksud dengan sentering  adalah bahwa sumbu vertikal theodolit segaris dengan garis gaya berat yang melalui tempat beridiri alat (paku atau titik silang diatas patok). Kalibrasi titik sentring optis dilakukan dengan cara ebagai berikut :
1.     Letakkan instrument diatas tripod,hubungkan dengan cara memutar baut instrument dilubang dratnya pada plat dasar instrument.
2.     Perhatikan apakah tanda silang pada alat sentering optik tepat berada diatas titik,bila belum geser-geser instrument sedemikian hingga tanda silang sentering optik  tepat diatas tanda titik. kemudian putar instrument  180° bila terjadi penyimpangan pada sentering optik lakukan kalibrasi dengan cara meyetel  screw yang terdapat pada sentering optik.
Kalibrasi Nivo
Pada saat pengukuran sumbu I harus benar-benar vertikal,komponen yang digunakan untuk mengatur sumbu I agar vertikal adalah nivo kotak,nivo tabung dan ketiga sekerup penyetel ABC. Adapun cara mengaturnya dijelaskan sebagai berikut

1.     Letakkan instrument diatas kolimator perhatikan gelembung nivo kotak.
2.     Misalkan mula-mula kedudukan nivo kotak pada posisi 1,kemudian bawalah gelembung pada posisi 2 dengan memutar sekerup penyetel A dan B bersama-sama kearah luar atau dalam.
3.     Kemudian bawalah gelembung pada posisi 3 (tengah) dengan memutar sekerup penyetel C.
4.     Periksa gelembung nivo tabung dengan cara memutar instrument pada sumbu I hingga nivo tabung sejajar dengan sekerup penyetel A dan B (posisi 1) seimbangkan gelembung nivo dengan memutar sekerup penyetel A dan B.
5.     Putar instrument 90° apabila gelembung tidak ditengah,tengahkan dengan cara memutar sekrup C.
6.     Putar instrument 180° apabila gelembung bergeser, setengah pergeseran ditengahkan dengan sekkru penyetel A dan setengah pergeseran sisanya dengan memutar sekrup koreksi nivo dengan pen koreksi hingga posisi nivo ketengah.
7.     Putar alat pada sumbu I sembarang, apabila gelembung seimabg,berarti sumbu I telah vertikal. Tetapi bila belum seimbang maka ulangi langkah penyetelan nivo hingga pada posisi sembarang,gelembung nivo tabung tetap seimbang.
Kalibrasi bacaan sudut
Walaupun secara umum semua teodolit mempunyai mekanisme kerja yang sama, namun pada tingkatan tetentu terdapat perbedaan, baik penampilan maupun bagian dalam konstruksinya. Apabila klasifikasi teodlit didasrkan pada kegunaan, keteliatianmenjadi faktor penentu utama. Kriteria penentu disini didasarkan pada standar deviasi atau simpangan baku pengukuran arah dengan posisi teropng biasa dan luar biasa. Kesalahan garis bidik yang tidak tegak lurus sumbu II disebut kesalahan kolimasi. Kesalahan ini dapat dihilangkan dengan prosedur sebagai berikut :
Kalibrasi bacaan sudut Horizontal
1.     Setelah alat ukur disetel diatas kolimator dan sumbu I telah dibuat vertikal, bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Horizontal kolimator, tekan tombol “0” set pada alat untuk membuat bacaan sudut H : 00° 00’ 00”.
2.     Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang silang kolimator seharusnya bacaan sudut H :  180° 00’ 00”, bila terjadi penyimpangan bacaan sudut lakukan kalibrasi dengan cara memutar skrup penggerak halus horizontal hingga bacaan sudut mendekati akurasinya. Kemudian garis bidik diarahkakan kemabli pada benang silang kolimator dengan cara memutar skrup koreksi diagfragma yang kiri dan kanan pada teropong.
Kalibrasi bacaan sudut Vertikal
1.     Bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Vertkal kolimator, catat bacaan sudut veritkalnya misal sudut  V : 89° 59’ 30”
2.     Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang Vertiakl kolimator catat bacaan sudutnya misal sudut V H :  270° 00’ 50”, dari hasil bacaan sudut biasa dan luar biasa bila dijumlahkan terdapat penyimpangan sudut sebesar 20”, lakukan kalibrasi dengan cara automatic adjustment secara elektronik. Yang tentunya tiap merk berbeda cara penyetingannya.
Kalibrasi Jarak
Metode yang paling banyak digunakan pada EDM untuk surveying adalah metode beda fase, baik dengan gelomabg mikro, sinar tampak maupun inframerah dan laser. Konsep dasar pengukuran jarak elektronik adalah suatu sinyal gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari suatu alat di ujung garis yang akan diukur jaraknya kemudian diujung lain garis tersebut dipasang prisma reflector. Sinyal tersebut dipantulkan kembali kepemancar, waktu lintas perjalanan sinyal pergi-pulang diukur oleh pemancar sehingga dihasilkan jarak lintasan.
Ketelitian Total Station ditentukan oleh besar kesalahan konstan dari alat dan kesalahan pengukuran yang senading dengan jarak yang diukur ketelitian umumnya dinyatakan dengan ±(2 mm + 1 ppm). Berbicara masalah ketelitian, harus diingat bahwa kedua alat Total station harus dikoreksi terhadap karakteristik sentering yang tidak tepat. Untuk mengecek ketelitian jarak kami menggunakan baseline yang sudah ditentukan jaraknya. Caranya dalah dengan melakukan pengukuran jarak beberapa kala kemudian dirata-ratakan jaraknya apabila terjadi penyimpangan pada jarak tertentu dilakukan koreksi dengan cara memasukan konstanta instrument konstan maka alat akan tekoreksi otomatis.
Tidak ada pengukuran yang meghasilkan ketelitian yang sempurna, tetapi adalah penting untuk megetahui ketelitian yang sebenarnya dan bagaimana kesalahan yang berbeda digunakan dalam pengukuran. Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai sebab dan umunya dibagi dalam tiga jenis utama yaitu :
1.     Kesalahan-kesalahan umum : kebnayakan diebabkan oleh kesalahan manusia, diantaranya adalah kesalah pembacaan alat ukur, peyetelan yang tidak tepat, dan kesalahan penaksiran.
2.     Kesalahan-kesalahan sistematis : disebabkan oleh kekurangan- kekurangan pada instrumen itu sendiri seperti kerusakan pada alat atau adanya bagian-bagian yang aus dan penagruh lingkungan terhadap peralatan atau pemakai.
3.     Kesalahan-kesalahan acak : kesalahan ini diakibatkan oleh penyebab-penyebab yang tidak diketahui oleh peruabahan-perubahan parameter

Cara kalibrasi dengan kolimator
Perbaikan Alat survey :
Kesalahan instrument merupakan kesalahan yang tidak dapat dihindarkan dari instrument karena struktur mekanisnya. Misalnya pengunci alat tidak dapat mengunci karena kemungkinan pengguna lupa mengendurkan pengunci alat pada saat memutar alat. Berikut ini di jelaskan secara singkat cara perbaikan alat survey:
Perbaikan Pengunci Horizontal atau vertikal.
1.     Periksa kondisi alat, bila ditemukan kerusakan pada pengunci Horizontal atau vertikal. Lepaskan screw yang ada pada bagian penguci tersebut dengan menggunakan kunci L ukuran kecil, kemudian lepaskan pengunci tersebut dari alat periksa kondisi pengunci tersebut apakah ada yang rusak bagian pernya atau ada bagian yang bengkok, kemudian perbaiki dan pasang kembali pengunci alat tersebut. Bila rusaknya parah karena disebakan alat jatuh dari tripod pengunci tersebut harus diganti dengan yang baru.
Bacaan sudut vertikal atau horizontal tidak muncul.
1.     Bila terjadi kerusakan bacaan sudutnya tidak muncul pada display hal yang harus dilakukan adalah mengecek piringan tersbut kemudian bersihkan dengan alkohol karena kemungkinan piringannya terkena debu sehingga sensor tidak dapat membaca piringan bacaaan sudut tersebut apabila sudutnya tidak muncul juga piringan dan snsnor bacaan sudut tersebut di setting kembali sinyalnya sesuai dengan yang disyaratkan.
Battery tidak berfungsi
1.     Bila battery tidak bisa mengisi pada saat di lakukan pengisian kemungkinan sel batterynya sudah rusak,bila sel batterynya sudah rusak harus diganti sel battery nya yang nilai tegangan dan amperenya sesuai dengan kondisi alat.
Keypad tidak berfungsi
1.     Bila keypad pada alat tidak berfungsi kemunkinan bagian elektronis pada keypad terkena debu sehingga keypad tidak dapat merespon bila ditekan. Bersihkan elemen-elemen elektronik pada bagian display dengan menggunakan alkohol kemudian pasang kembali display tersebut.

 Cara Bertransaksi Di Toko Peralatan Survey

Pembayaran dapat dilakukan dengan cara Cash On Delivery / Transfer Bank.* C.O.D. ( Cash On Delivery / Bayar ditempat)
Khusus nuntuk wilayah  
 Jakarta Atau Tangerang Balikpapan , MakassarBatam , Surabaya , Palembang Medan , Manado ,Cikarang dan   Semarang Jawa Tengah
kami melayani pemesanan dengan cara pembayaran di tempat anda, Prosesnya :
1. Pesanan anda kami antar ke tempat anda
2. Setelah anda terima silahkan cek kelengkapan dan kualitas barang
3. Bila sudah ‘ OK’ dan tidak ada masalah baru dibayar
Pembayaran ditempat bisa dalam bentuk tunai ataupun Transfer

Untuk yang berminat silahkan info  harga dan pelatihan Gratis bisa langsung menghubungi bapak agus via SMS /TLP /WA di : 082110287745




Peta Alamat Kantor Pusat Indosurta Group